04/02/10

Mengenal Active Directory Recycle Bin

Melengkapi artikel sebelumnya di sini, penghapusan objek Active Directory secara tidak sengaja dapat terjadi untuk user-user Active Directory Domain Services (AD DS) dan Active Directory Lightweight Directory Services (AD LDS).

Pada domain Windows Server 2008 Active Directory, kita dapat mengembalikan objek secara tidak sengaja terhapus ini dari backup AD DS yang diperoleh dari Windows Server Backup. Kita masih dapat menggunakan perintah ntdsutil authoritative restore untuk menandai objek secara authoritative untuk memastikan bahwa data yang direstore direplikasikan di domain. Kekurangan dari solusi authoritative restore adalah proses ini harus dilakukan pada Directory Services Restore Mode (DSRM). Selama proses DSRM berlangsung, domain controller (DC) yang direstore harus dalam status offline. Akibatnya DC ini tidak dapat melayani client.
Pada Windows Server 2003 Active Directory dan Windows Server 2008 AD DS, kita dapat melakukan recover objek Active Directory yang terhapus melalui tombstone reanimation. Di Windows Server 2003 dan Windows Server 2008, sebuah objek Active Directory yang terhapus tidak secara fisik dihapus dari database. Distinguished Name (DN) dari objek tersebut dihancurkan, hampir seluruh non-link-valued attributes dari objek dibersihkan, seluruh link-valued attributes dari objek secara fisik juga dihapus, dan objek dipindahkan ke kontainer khusus di dalam naming context (NC) dari objek yang disebut Deleted Objects. Objek tersebut kemudian disebut sebagai tombstone, karena menjadi tidak terlihat (invisible) terhadap aktivitas sistem yang normal. Tombstone dapat di reanimated kapan saja dalam kurun waktu tombstone lifetime dan menjadi objek Active Directory yang hidup dan aktif kembali. Default tombstone lifetime adalah 180 hari di Windows Server 2003 dan Windows Server 2008. Kita dapat menggunakan tombstone reanimation untuk melakukan penyelamatan objek-objek yang terhapus tanpa harus membuat offline domain controller atau instance dari AD LDS kita. Akan tetapi link-valued attributes dari objek-objek hasil proses reanimasi (sebagai contoh, keanggotaan group dari user account) yang secara fisik dihapus dan juga non-link-valued attributes dari objek tidak dapat di-recover. Oleh sebab itu, administrator tidak dapat menjadikan tombstone reanimation sebagai solusi yang terbaik dalam menyelamatkan objek-objek yang terhapus secara tidak sengaja.

Active Directory Recycle Bin di Windows Server 2008 R2 dibentuk berdasarkan infrastruktur tombstone reanimation dan juga peningkatan kemampuan pemeliharaan dan penyelamatan objek-objek yang terhapus secara tidak sengaja. Informasi lebih lengkap tentang tombstone reanimation, bisa di lihat pada Reanimating Active Directory Tombstone Objects (http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkID=125452).

Windows Server 2008 R2 Active Directory Recycle Bin bermanfaat dalam meminimalkan directory service downtime melalui peningkatan dalam pemeliharaan dan penyelamatan objek Active Directory yang terhapus secara tidak sengaja dengan tanpa melakukan restoring Active Directory data dari backup, me-restart AD DS, atau rebooting domain controller.
Saat kita mengaktifkan Active Directory Recycle Bin, seluruh link-valued dan non-link-valued attributes dari objek-objek yang terhapus tetap disimpan dan dipelihara dan objek-objek diselamatkan kembali dalam kondisi yang lengkap seperti halnya sebelum dihapus. Sebagai contoh, sebuah user account yang diselamatkan akan kembali memiliki keanggotaan groupnya dan juga berbagai access right yang sebelumnya dimiliki sebelum dihapus. Active Directory Recycle Bin dapat difungsikan baik untuk lingkungan AD DS maupun AD LDS.

0 komentar:

Created by : Andi Rizal, Template by: www.rifqynada.co.cc